Minggu, Februari 10, 2013

Sightseeing, Jalan-Jalan di Pulau Kemaro


Dua mingguan yang lalu, aku, adik, dan seorang teman jalan ke Pulau Kemaro, sebuah pulau yang ada di daerah Palembang. Pulaunya ga terlalu besar, tapi legendanya luar biasa besar. Jadi dikisahkan pulau ini terbentuk karena kisah cinta Siti Fatimah, seorang putri raja di zaman Sriwijaya yang tewas karena berusaha menyelamatkan kekasihnya. Ini nih legendanya:

Legenda resmi Pulau Kemaro

Akses ke pulau itu kami lakukan dengan menggunakan kapal dan melalui jembatan musi. Suasana di kapal gimana?? Priceless, ga ada duanya. Apalagi waktu melewati bagian bawah Jempatan Ampera. Sungguh tiada duanya. 

Jembatan Ampera difoto dari atas kapal

Pulau Kemaro
Dermaga


Begitu sampai di Pulau Kemaro, kami langsung berfoto dengan gaya cetar membahana ( ababil on ).
Gerbang Utama


Sesi foto di gerbang selesai, kami menuju tempat paling dahsyat di Pulau ini : Pagoda 9 lantai dan Pohon Cinta. Kenapa dinamakan pohon cinta? Well, konon katanya kalau kamu sukses mengukir namamu dan pasanganmu di pohon ini, kamu pasti berjodoh dengannya. Sayangnya karena aksi vandalisme itulah, Pohon Cinta itu dipagari. Membuat aku ga bisa membuktikan kebenaran cerita itu ( eits..... ceritanya mau ngikut vandalisme juga nih). ^_^

Pohon Cinta alias Pohon Beringin

Pagoda 9 lantai
View dari lantai 4 Pagoda

Ukiran di Pagoda

Kesimpulan : 
Jalan-jalan ke Pulau Kemaro adalah pengalaman yang sangat berharga. Selain bisa liat-liat view yang bagus, pengunjung jadi tau cerita legenda. Sayangnya, disini ga ada fasilitas wisata lainnya. Kita nyampe di Pulau ini cuma liat pagoda dan pohon cinta plus foto-foto doang. Seharusnya pariwisata yang ada disini dikembangkan menjadi lebih dahsyat dan lebih 'menjual' lagi supaya pengunjung ke Pulau Kemaro bertambah banyak. Semoga suatu hari nanti, Pulau Kemaro bisa menjadi objek wisata favorit di Palembang. Amien. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar