Senin, Februari 01, 2021

Tempat Beli Songket Palembang

Banyak sekali pertanyaan yang ditujukan ke aku mengenai tempat beli bahan-bahan dan songket pernikahan palembang. Sayangnya, setelah menikah, lalu kuliah lagi, hamil, dan punya anak, aku tidak sempat membalas satu per satu pertanyaan tersebut.


Nah sebelumnya, aku sudah cerita dimana tempat  beli kain pernikahan di Palembang. Untuk saat ini, aku akan bercerita tentang dimana songket pernikahanku di beli. Mungkin saat ini orang sudah banyak yang belanja online, tapi dulu zaman aku menikah, tidak banyak orang yang menjual songket Palembang yang bagus secara online. Kebetulan, suamiku berasal dari kampung pengrajin songket. Jadi kami dulu tidak pusing mencari songketnya dimana. Cukup siapkan saja uang, lalu dapatlah songket2 indah asli Palembang. 


Sebelum ke pengrajin songket tersebut, aku dan suami (masih pacar saat itu) melakukan survei ke beberapa toko songket terkenal di Palembang. Harga songket termurah saat itu (tahun 2013) adalah 1,5 juta rupiah. Songketnya 2 warna yaitu merah dan emas, tidak ada yang aneh2. Tapi sayang, karena paling murah, bahannya terasa berat. Songket yang bahannya agak enak dipakai waktu itu seharga 3 juta rupiah. Bukan songket yang paling mahal, tapi bahannya cukup lembut. Setelah survei harga songket, kami datang ke pengrajin songket.  Dengan uang 2 juta saat itu, aku mendapatkan songket yang enak dipakai, bahannya rapi, tidak terlihat murahan, dan kalau di toko songket terkenal harganya bisa mencapai 2sx lipatnya.


Nah ini contoh2 songket yang ada di pengrajin songket. Kalau ada yang mau pesan monggo. Harganya nanti akan diinfokan. Yang berminat silahkan komen aja di blog ini.



Terima kasih





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar