Sabtu, Februari 02, 2013

Food, sharing local food Durian di Palembang

Musim durian lalu, aku mengunjungi pasar kuto di kota ini, salah satu pasar terbesar durian. Well, you can call it durian's palace. Dipasar itu, ada banyak durian dengan harga variatif. Mulai dari 10 ribu dapet 3 durian, sampe 50 ribu/buah. Durian paling enak dipasar ini dikenal dengan nama durian mentega. Entah kenapa diberi nama itu, mungkin karena tekstur dagingnya yang seperti mentega: lembut dagingnya, warnanya agak kekuningan, baunya hmmmmm menggoda selera. 



Selama memilih durian, aku sempat berbincang dengan si penjual tentang tips memilih durian yang baik. Ini tipsnya:

  1. Shake it, baby. Yup, angkat durian lalu goyangkan. Kalo duriannya 'godag' alias guncang maka pilihlah. 
  2. Knock it. Ketok dengan pisau, kalau bunyinya dug..dug... bukan bam...bam... terdengar seolah ada celah didalamnya atau suara seperti mengetuk kotak yang didalamnya bolong , pilihlah durian itu.
  3. Smell it. Bau'in durian itu. Jangan langsung nempelin hidung ke kulitnya, bisa tambah gede bolong hidungmu. Cara yang bener, taruh tangan menutup kulit durian, dan cium wanginya. Kalo wanginya lezat, then please take it.
  4. Ask the expert. Kalau sudah kamu lakukan 3 cara sebelumnya, tapi masih bingung juga. Maka mintalah si penjual untuk memilihkan durian untukmu. Kadang-kadang penjual yang baik akan membolongi durian, supaya si pembeli bisa melihat warna daging durian. Durian yang enak dagingya berwarna kekuningan. 
  5. Enjoy!!!

Selamat menikmati durian






Tidak ada komentar:

Posting Komentar